Misi Kepada Orang Rimba

PELAYANAN MISI KEPADA ORANG RIMBA
(Hidup lebih Hidup)

Jambi, 8-4-2018

Kegiatan pelayanan kami (Warga Kristisni se-Pengadilan Tinggi Jambi) sepanjang hari ini sungguh diberkati Tuhan dengan luar biasa. Berangkat dari Kota Jambi diawali dengan Doa, selama perjalanan 4 jam, tidak ada kendala, tiba dengan selamat di GBI Pematang Kulim, dimana 34 KK anggota Jemaatnya adalah Suku Anak Dalam.

Selama beberapa hari ini tidak ada hujan, sehingga rombongan bisa mencapai lokasi. Namun setelah ibadah berlangsung hujanpun turun dengan lebatnya.

Ibadah berlangsung dihadiri lebih kurang 200 orang, kami melihat bagaimana khusuknya dan keseriusan mereka dalam beribadah, padahal gereja ini baru berdiri 6 tahun yang lalu.

Anak2 Sekolah Minggu bernyanyi dengan riang gembira, pemuda remaja dan orang tua juga tidak ketinggalan, padahal keadaan ekonomi mereka sangatlah memprihatinkan, tetapi kecintaan kepada Tuhan membuat mereka bersemangat dalam memuji Tuhan. Bahkan di pemukiman mereka telah dibangun Rumah Khusus menara doa, setiap jemaat sejak pukul 05.00 sudah berjaga-jaga disana.

Pdp. Togap Hutabarat Togap sebagai Gembala Sidang juga telah membangun PAUD bagi Suku Anak Dalam, sehingga Anak2 bisa belajar setiap hari secara gratis. Gereja telah membeli tanah, untuk lokasi perumahan, dan Puji Tuhan Kementerian Sosial telah membangun 34 buah rumah layak huni, tetapi sumber air bersih dan MCK belum tersedia.

Mereka sudah dilatih bertani dan beternak, sehingga, mereka tidak hanya mengandalkan hasil buruan untuk penghidupan sehari-hari.

Team juga tidak ketinggalan, menyanyikan dua lagu, Melayani dan Hidup ini adalah kesempatan.

Saya menyampaikan Firman Tuhan, tentang bagaiman Bartimeus yang buta dan berkerja sebagai pengemis dari Yerikho, ketika berjumpa dengan Yesus matanya disembuhkan, hidupnya dipulihkan dan mengikuti Yesus, tidak kembali kepada kehidupannya yang lama.

Selama ini kita tidak buta secara jasmani, tetapi mungkin buta secara rohani, sehingga seringkali bergelut dalam kebiasaan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Puji Tuhan ketika mengalami perjumpaan dengan Tuhan melalui FirmanNya, maka kita bisa melihat secara rohani mana kehendak Allah, yang berkenaan kepada Allah dan yang sempurna, sehingga kita bisa berjalan dalam terang Firman Tuhan.

Usai permberitaan Firman Tuhan sengaja saya menantang dua orang jemaat, ssorang bernama Sofa dan Tumenggung (Kepala Suku), apakah mereka mengerti, ternyata respon mereka di antaranya sangat luar biasa, dapat memahami dan merasa terberkati atas penyampaian Firman Tuhan.

Usai acara Ibadah, Bpk. Hasoloan Sianturi, SH.,MH Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jambi berkenan menyampaikan kata sambutan, selaku Ketua Persekutuan Iman Kristiani Pengadilan Tinggi Jambi, yang pada intinya selain ibadah bersama, team juga membawa bingkisan berupa sembako. Itu dilandasi oleh kasih kepada Jemaat yang membutuhkan khususnya SAD.

Lalu secara simbolik, Bpk. Dr. Kasianus Talembanua, SH.,MH, Bpk. Dr. PH. Hutabarat, SH.,MH, dan Bpk. Hiras Sihombing, SH, masing-masing Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jambi dan Bpk. Ricky Fardinand Tomasoa, SH.,MH Ketua PN Tebo menyerahkan bingkisan berupa Sembako dan pakaian layak pakai yang diterima Gembala Sidang Pdt. Togap Hutabarat dan Temenggung (Kepala Suku).

Tiba saatnya ramah tamah dan makan siang bersama, dimana lauk pauk adalah merupakan hasil buruan dari jemaat yang baru didapat kemarin sore, demikian juga sayur mayur, hasil pertanian mereka sendiri. Pertemuan terasa hangat dan rasanya terlalu singkat, karena team akan segera pulang.

Menuju pulang jalanan sudah licin kena guyuran hujan, sehingga mobil-mobil sulit melalui jalan tanjakan, melihat itu Bpk. Dr. Kasianus Talembanua yang baru sembuh, demikian juga Bpk. Dr. PH Hutabarat, Bpk. Hiras Sihombing dan Bpk. Hasoloan Sianturi harus turun dari mobil serta ikut mendorong mobil dari belakang, sehingga baju, dan celana mereka dipenuhi lumpur.

Dan yang paling berat adalah sepatu, karena lumpur menempel tebal, membuat langkah makin berat. Setelah semua mobil rombongan melewati jalan licin, semuanya justru pada ketawa, ini yang lebih asyik, mendorong mobil dijalan yang licin, ujar Bpk. Dr. Kasianus, dan langsung mengajak berfoto ria, Ibu Sinta Pasaribu, SH.,MH (Hakim PN Jambi), dan empat orang Calon Hakim PN Tebo, termasuk Cakim PN Bungo RoBerto Sianturi, SH

Tidak terasa sudah pukul 18.00 Wib, rombongan tidak lupa menyantap ayam goreng kampung di RM Kang Mus Tembesi. Menunggu makanan dihidangkan ada banyak komentar dan statement yang secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa aktifitas kita hari ini membuat kita "HIDUP LEBIH HIDUP".

Terima kasih Bpk. Pdt. Elbi Utardi Gembala GBI Rayon 14 dan Bpk. Andi M Sibarani, Team Misi GBI Rayon 14.
Tetap semangat dan antusias


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesaksian Aktor Pemeran The Passion Of The Christ

KESOMBONGAN MENDAHULUI KEHANCURAN